Cara Setting Airgrid Menaikan Transmit CCQ


Setelah satu minggu naik turunkan antena wifi Rt RwNet yang saya miliki dikarenakan ganti radiowifi penerima dan pemancar kemarin ahirnya selesai dan mendapatkan Signal wifi dari AP saya dan Transmit CCQ yang sudah lumayan stabil dibandingkan bulan lalu. Antena wifi merupakan menggunkan sekema AP -->> Client, dengan jangkauan sekitan 3 Km untuk Akses pointnya saya menggunkan Mettal 2shpn digabung dengan kenbontong 24dbi sementara untuk client saya pasangkan dengan airgrid M2HP hasilnya cukup memuaskan karena dengan memiliki client didua tempat saya berhasil mendapakan signal -55 dan -63 signal yang bagus untuk mengirim 10mbps dari AP kepada client.

Saat melakukan pointing kemarin antena airgrid yang saya miliki  Transmit CCQ cuma kecil hanya mendapat 66% - 75% padahal signal sudah cukup waktu pertamakali yaitu -70dbi, sehingga saya berasumsi mungkin dengan melakukan seting ulang dan menghasilkan nilainya lebih tinggi CCQ yang didapatkan mungkin akan menjadi naik, ternyata asumsi saya tersebut salah meskipun mendapatkan signal -63dbi Transmit CCQ tetap saja tidak bisa sampai diata 90% sehingga saya cari berbagai bacaan lewat forum dan milis yang pada initinya adalah seting dari antena airgrid M2HP yang kurang sesuai.

setelah saya melakukan perubahan pada airos saya hasilnya CCQnya berubah naik dan pengiriman data antar wifi lebih stabil seperti gambar yang saya lingkari dibawah ini;
 Airgrid
 Airgrid


Share this:

CONVERSATION

17 komentar:

  1. Maaf gan mau tanya. untuk trik dan tips setting ip address / defaulnya gimana? soalnya saya beli barangnya second. pas ditanya cara setting nya dia gak tau. dia terima beres sebelumnya.
    Terimakasih sebelumya.

    ReplyDelete
  2. Maaf gan mau tanya. untuk trik dan tips setting ip address / defaulnya gimana? soalnya saya beli barangnya second. pas ditanya cara setting nya dia gak tau. dia terima beres sebelumnya.
    Terimakasih sebelumya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ip default airgrid m2hp 192.168.1.20
      kalo udah pernah diutak-atik, ya harus direset lagi.
      tombol resetnya di belakang radionya. semoga bisa membantu

      Delete
  3. kalo ip default airgrid m2hp 192.168.1.20
    kalo udah pernah diutak-atik, ya harus direset lagi.
    tombol resetnya di belakang radionya. semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  4. maaf gan, kalo untuk Mikrotik SXT Lite5 gimana ya gan, perasaan ccq ane kok kayaknya kurang memuaskan :(

    ReplyDelete
  5. Saya pake M2 dengan Country Indonesia, pada Tab Advanced, Kotak di Installer EIRP Controler di Centang, dan di Tab Wireless di kotak Calculate EIRP Limit jangan dicentang, nanti akan didapatkan Output power sampai 28dbm, dengan AirMax di enabled.
    Itu berlaku sama baik AP maupun Client.
    Jarak AP dengan Client saya 6 KM, CCQ bisa mencapai antara 80-86%, dengan sinyal -70dbm -75dbm.
    Semoga bisa membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gan terima kasih masukannya, setelah saya coba di ubnt saya hasilnya langsung bagus seperti yang saya harapkan..

      Delete
    2. cb bolak balik setting, googling sana sini kurang memuaskan,
      cb setingan agan... work... thks mantap sebelumnya ccq up pada jam jam tertentu, ketika jam kerja drop sampai 20%, cb seting tsb diatas up 75-80

      Delete
    3. Coba di share disini setingannya airgridnya mas...biar kita bisa mencontoh bisa memuaskan para pembaca mas....mksh sebelumnya mas, moga amal kebaikan mas dibalas Alloh SWT.....amin

      Delete
  6. gan, saya pake power beam m5 400 kl kita ganti frekwensi kok susah dpt signalnya, ccq slalu tak stabil,main dfrek 4sekian gk dpt signal

    ReplyDelete
  7. gan, saya pake power beam m5 400 kl kita ganti frekwensi kok susah dpt signalnya, ccq slalu tak stabil,main dfrek 4sekian gk dpt signal

    ReplyDelete
  8. gan transmit cqq sampai 100 persen tapi tidak ada sinyalnya. knapa ya min?

    ReplyDelete
  9. Minta pandangan signal minus brp dan membawa data rate brp Mbps.....umpama -90 itu dpt membawa brp Mbps trus -85 dpt membawa brp Mbps.....kira kira aja gan...biar kita bisa membaca ada tolak ukur unt airgridnya.....jd umpama kita pasang di rmh clien signal yg kita dpt cuma umpama -94 paling brp Mbps gitu mas

    ReplyDelete
  10. Harapan saya 95% keatas gan.
    Gmn setingnya

    ReplyDelete
  11. Punya saya ccq awal konek 98 kemudian perlahan turun hingga 36 itu kenapa gan problemnya apa radionya rusak

    ReplyDelete