Membuat Miniatur Bisnis Sampingan Menguntungkan Dari Batok Kelapa

Inovasi menciptakan sebuah hal sehingga memiliki nilai tidak hanya bernilai bagi barang tersebut namun juga memiliki nilai bagi inspirasi yang di berikan. Kelapa sangat mudah ditemui, apalagi dengan es kelapa muda semuanya pasti ingin menikmatinya. Konsumsi buah kelapa yang sangat banyak ini meninggalkan limbahnya berupa batok kelapa, batok kelapa biasanya hanya digunakan sebagai  bisnis sampingan menjadi bahan untuk membakar sate dan memanggang roti namun sekarang ada bisnis yang menguntungkin yaitu kerajianan batok kelapa. 
Miniatur Vespa

Baginya, selama ide dapat di tuangkan dalam sebuah Inovasi maka tidak ada barang yang sia-sia semua dapat menjadi sebuah karya seni. Selama ada niat di barengi sebuah ide maka apa pun dapat di rubah menjadi karya seni sala satunya batok kelapa. Biasanya batok kelapa bila tidak di daur ulang hanya akan menjadi sampah yang menumpuk sedangkan jumlahnya sangat banyak di Indonesia karena itulah di tangan Ratna Septi batok kelapa di kreasi menjadi miniatur kendaraan seperti Vespa ini. 

Bisnis miniatur batok kelapa menjadi miniatur vespa ini telah dimulai Ppngusaha bisnis asal desa winong pati Jawa Tengah. Bisnis  ini telah lama menekuni kerajinan membuat miniatur atau pun aksesori dengan bahan baku yang berasal dari alam “Saya kebetulan ada teman yang membutuhkan hadiah untuk temannya yang pencinta Vespa sudah langsung nyambung saya bikin kan langsung dan kebetulan senang, beliau malah sampai sekarang order terus”, ujar Ratna septi. Dalam satu harinya Ratna bisa menyelesaikan 2 hingga 3 buah miniatur Vespa. Kerajinan tangan yang seharga 57 ribu ini pun mendapat tempat di hati para penggemar miniatur bahkan banyak yang sengaja datang dari luar kota. 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment