Memilih Metode Percetakan yang Tepat untuk Proyek DVD Anda

Sebuah printer digital  bekerja pada prinsip yang sama sebagai printer inkjet desktop. Tinta biru, tinta merah,  tinta kuning dan kartrid hitam yang dimasukkan ke dalam printer dan kepala printer membuat serangkaian melewati di atas permukaan disk dicetak menyetorkan tinta sesuai dengan file karya seni. Hal ini dimungkinkan untuk mencetak sangat rinci gambar resolusi tinggi menggunakan metode pencetakan ini tetapi memiliki beberapa kelemahan:

ilustrasi printer DVD

Proses pencetakan DVD digital lambat dibandingkan dengan proses cetak lainnya. Printer DVD digital Commercial  hanya mampu mencetak hingga 200 DVD tanpa pengawasan dan setiap cetak dapat memakan waktu hingga satu menit tergantung pada kompleksitas karya seni.

Setiap disk harus selesai dengan lapisan pernis yang jelas - ini adalah untuk melindungi permukaan dicetak dari kerusakan kelembaban potensial ketika ditangani. Hal ini menambah lebih keterlambatan untuk proses. Namun, proses pencetakan DVD ini tidak memiliki mengatur biaya tetap yang membuatnya ideal untuk berjalan singkat kurang dari 100 DVD yang merupakan layanan yang sangat banyak permintaan dari download digital.

Layar DVD Printing

Sablon adalah metode pencetakan dicoba dan diuji yang telah digunakan dalam industri percetakan komersial selama beberapa dekade. Sablon DVD merupakan adaptasi dari proses ini, dimodifikasi untuk memungkinkan pencetakan ke disk. Proses ini sangat bagus untuk area pencetakan warna solid menggunakan tinta berwarna cerah dicampur dari berbagai proporsi dasar cyan, magenta, kuning dan tinta hitam. Ada juga tinta fluorescent dan logam yang tersedia untuk digunakan dengan proses ini.

Sebuah mesin sablon memiliki platform berputar besar. Platform ini dibagi menjadi 5 stasiun pencetakan dengan lampu UV antara setiap stasiun dan berikutnya. DVD dengan base coat warna apapun dapat dicetak pada, yang memungkinkan untuk maksimal 6 warna yang berbeda dalam desain karya seni.

Layar pencetakan, dari mana proses mendapatkan namanya, adalah layar mesh yang sangat halus yang awalnya ditutupi dengan emulsi termal reaktif. Sebuah layar terpisah diperlukan untuk masing-masing warna ditampilkan dalam karya seni final dan film seluloid juga dibuat untuk setiap warna. Film hitam di daerah di mana warna diperlukan pada disk, dan jelas di mana tidak diperlukan. Film ini terpasang di atas layar dan ditempatkan ke unit eksposur. Sebuah panas, cahaya terang kemudian sebentar diaktifkan dari atas film. Di mana cahaya dan panas melalui bagian yang jelas dari film ke layar bawah, emulsi thermal di layar mengeras. Di mana film ini hitam, panas dan cahaya tidak lulus melalui film dan emulsi tetap tidak berubah.

Layar ini kemudian dipindahkan ke ruang semprot di mana ia disemprotkan dengan jet air halus. Air menyapu emulsi yang belum mengeras meninggalkan layar di mana tinta bisa melewati jala hanya di daerah tertentu di mana warna yang diperlukan sesuai dengan desain. Layar tersebut kemudian dipasang ke stasiun pada mesin sablon DVD. 4 layar lainnya disusun dengan cara yang sama dan mesin kemudian siap untuk mencetak.

DVD dimuat ke mesin cetak otomatis. Mereka disajikan pada spindle dan setiap disk diangkat oleh lengan robot dengan cangkir vakum karet lembut. DVD ditempatkan ke jig logam yang memegang disk aman untuk mencegah setiap gerakan sementara itu sedang dicetak. Jig metal yang berbaris di sekitar mesin dan DVD dimuat, dicetak dan kemudian dihapus setelah pencetakan selesai. Sebuah DVD yang telah dicetak dan kemudian dihapus diganti pada putaran mesin berikutnya dengan disc belum dicetak segar. Proses ini berlanjut sampai jangka produksi selesai.

Di setiap stasiun tinta berwarna yang berbeda diterapkan ke disk ketika pisau squeegee karet melewati layar. Layar ditekan ke permukaan disk dan tinta dipaksa melalui jala dengan pisau. Setelah tinta telah diterapkan kembali pisau ke posisi awal siap disk berikutnya. Mesin pelat berputar satu posisi dan disc baru dicetak lewat di bawah lampu UV. Sinar UV dari lampu menyembuhkan tinta langsung dan disk bergerak ke stasiun berikutnya di mana tinta berwarna selanjutnya dapat diterapkan tanpa kemungkinan mengolesi tinta diterapkan sebelumnya. Proses pencetakan dan menyembuhkan sangat cepat dan printer layar DVD modern mampu mencetak lebih dari 3.500 DVD dalam satu jam.

Persyaratan untuk layar dan film untuk setiap warna tinta yang berbeda dalam desain yang akan dicetak ke DVD, berarti ada biaya tetap terkait dengan proses ini. Biaya ini dapat diminimalkan dengan membatasi jumlah warna yang terlibat dalam desain DVD cetak. Sangat mungkin untuk merancang sebuah disc menarik menggunakan hanya cetak warna tunggal ke sebuah DVD perak dicetak. Biaya tetap, bagaimanapun, tidak membuat proses kurang layak untuk pesanan yang sangat kecil kurang dari 100 DVD.

Litograf DVD Percetakan (cetak Offset)

Proses ini, seperti dengan sablon DVD, adalah metode pencetakan populer untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi di atas kertas atau kartu stok dan telah disesuaikan dengan DVD. Litograf cetak adalah proses terbaik untuk memproduksi DVD dengan cetak foto atau karya seni yang melibatkan warna gradien halus tapi tidak besar untuk mencetak karya seni yang memiliki area besar warna solid karena masalah cakupan potensi yang dapat mengakibatkan "tambal sulam" cetak.

The litograf cetak DVD proses melibatkan membuat pelat cetak logam yang melengkung di sekitar roller. Prinsip dasar di tempat kerja dengan proses ini adalah bahwa tinta cetak dan air tidak bercampur. Permukaan pelat cetak diperlakukan di beberapa daerah sehingga menarik tinta, daerah yang tersisa diperlakukan untuk menarik air dan tidak tinta. Hasilnya adalah pelat cetak yang dapat diperkenalkan ke tinta yang hanya mematuhi itu di mana diperlukan. Tinta pada pelat cetak ditransfer atau "offset" untuk rol lain yang memiliki selimut karet dibungkus sekitarnya. Selimut karet rol berlaku tinta ke DVD yang diadakan tegas di tempat di jig metal di tempat tidur mesin.

Proses ini sama secepat proses sablon dan begitu banyak ribuan DVD dapat dicetak setiap jam bahwa mesin sedang berjalan. Sekali lagi, ada mengatur biaya tetap yang terlibat di sini dan sehingga biaya untuk mencetak pesanan kurang dari 100 DVD tinggi.

Proses DVD Percetakan Ringkasan

Singkatnya,Pasti tidak ada kualitas cetak kompromi dengan digital printing di atas yang lain 2 proses dan meskipun itu adalah proses yang paling lambat, hal ini tidak benar-benar relevan jika Anda hanya memiliki 50 cakram dicetak. Ada banyak perusahaan yang mengkhususkan diri dalam 24 hingga 48 jam perputaran pada berjalan singkat dari cakram yang menggunakan metode pencetakan ini secara eksklusif dan memiliki ke seni rupa.

Untuk proyek di mana jumlah cakram yang dibutuhkan adalah lebih dari 100 dan karya seni fitur tebal, warna solid, maka proses pencetakan DVD pilihan harus sablon. Metalik dan neon tinta tersedia untuk proses ini membuat beberapa desain yang benar-benar eye-catching dan khas

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment